Senin, 22 Agustus 2016

Mengatasi RTO (Request Time Out) Pada Jaringan Komputer

      Request Time Out atau RTO pada jaringan adalah suatu kejadian dimana server tidak menjawab / merespon permintaan dari komputer client setelah beberapa waktu berlalu. Request Time Out juga menandakan bahwa tidak ada koneksi yang antara komputer satu dengan komputer yang dituju.


      Untuk mengetahui apakah jaringan dalam kondisi Request Time Out atau reply kita bisa masuk ke menu command prompt kemudian melakukan ping ke alamat ip yang dituju atau pada alamat domain tertentu. contoh ping google.com. Maka pada waktu tertentu maka server akan memberikan respon pada komputer client apakah ada koneksi atau tidak, Jika tidak ada koneksi antara komputer client dan komputer server maka akan ada pesan peringatan Request Time Out


Penyebab Terjadinya Request Time Out (RTO) Pada jaringan Komputer dan Cara Mengatasinya

Untuk mengatasi Request Time Out kita juga harus dapat mengidentifikasi terlebih dahulu penyebab atau masalah sehingga menyebabkan Request Time Out. Berikut adalah Penyebab dan Cara mengatasi Request Time Out pada jaringan komputer:

1. Tidak ada koneksi internet untuk dapat mengakses server yang dituju
Coba cek koneksi internet yang anda gunakan. Pemberian alamat IP, subnetmask, gateway ataupun yang lainnya.

2. Kabel jaringan tidak terhubung dengan komputer yang dituju
Coba lakukan pengecekan pada kabel jaringan dengan melihat lampu indikator pada LAN Card atau lampu indikator pada SWITCH. Untuk cara terbaik bisa menggunakan LAN Tester untuk mengetahui koneksi dari kabel tersebut.

3. IP address yang dituju sedang tidak aktif
IP Address menjadi bagian yang sangat penting dalam jaringan komputer, jika IP addres tidak sesuai dengan network yang digunakan maka tidak akan ada koneksi pada jaringan tersebut. Untuk itu pastikan terlebih dahulu komputer yang memiliki IP Address tersebut dalam kondisi menyala dan aktif

4. Ada permasalahan pada switch / switch mengalami kerusakan
Kerusakan pada switch akan menyebabkan terganggunya jaringan komputer. Untuk mengecek kondisi switch kita bisa melihat lampu indikator pada switch

5. Port pada Komputer tersebut telah ditutup
Periksa port pada Network atau pastikan proxy tidak dalam kondisi aktif

6. Pengrimpingan kabel tidak sempurna / saling krimping kabel
Jika pengimpingan kabel tidak sempurna, maka akan menjadi masalah pada jaringan komputer. Untuk itu periksa kembali kabel dengan menggunakan LAN tester.

7. Lan Card mengalami masalah
LAN Card menjadi pintu utama masuknya jaringan pada komputer, LAN Card yang bermasalah biasanya ditandai dengan tidak menyalanya lampu indikator pada LAN Card. Akan tetapi jika driver LAN Card belum terinstall maka LAN Card juga tidak dapat digunakan. Untuk itu pastikan dulu kondisi LAN Card dan periksa driver LAN Card tersebut

Tidak ada komentar:

Posting Komentar